3 Olahraga di Rumah Untuk Anak yang Aman

3 Olahraga di Rumah Untuk Anak yang Aman

Table of Contents

Aktivitas fisik yang berat dan termasuk olahraga tidak harus selalu dilakukan di luar rumah. Terutama pada masa pandemi ini. Olahraga di rumah untuk anak dapat dilakukan bersama orangtua dan saudara yang lainnya.

Memang, mungkin saja terdapat keterbatasan di sana-sini, tetapi bukan berarti kemudian tidak dapat melaksanakannya secara rutin. Pilihlah olahraga yang dapat dilaksanakan pada lahan yang sempit, atau gunakan carport bila memilikinya.

Olahraga di Rumah Untuk Anak

Agar olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan, orang tua dapat melibatkan diri pada aktivitas ini. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat, agar keduanya dapat melakukannya dengan tepat. Sebab, olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat memberikan manfaat yang optimal.

Senam

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan bersama dengan anak adalah senam. Olahraga ini termasuk yang paling menyenangkan karena dapat diiringi dengan berbagai macam musik kesukaan si kecil.

Senam merupakan olahraga yang tidak membutuhkan ruangan yang besar, Hanya memerlukan sedikit tempat untuk meletakkan alas olahraganya. Sehingga tidak mudah untuk terpeleset.

Lakukanlah gerakan-gerakan yang sederhana terlebih dahulu agar anak mengetahui mana yang digunakan untuk pemanasan inti dan peregangan. Kenalkan pada anak gerakan yang tepat untuk leher, bahu, lengan, paha, serta kaki. Lakukan secara perlahan.

Jika anak sudah menguasainya, lanjutkan dengan gerakan-gerakan yang mudah, seperti push up, sit up dan lainnya. Ibu dapat melakukan olahraga ini di pagi hari saat matahari masih belum bersinar terik, sehingga dapat memperoleh vitamin D yang baik untuk kesehatn tulang.

Lempar Bola

Olahraga ini juga baik untuk anak dan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana serta dimainkan di ruangan yang kecil atau carport. Selain melatih kebugaran. olahraga ini juga melatih ketangkasan serta kombinasi gerakan mata dan otot.

Alat yang dibutuhkan juga sederhana, hanya berupa bola. Lakukan lemparan bola yang bisa dijangkau oleh anak, Jangan hanya karena bermain dengan orangtua, kemudian tinggi lemparan terlalu lebar atau luas.

Jumping Skipping

Jumping skipping merupakan olahraga di tempat yang hanya menggunakan alat olahraga bernama skipping. Caranya adalah dengan melompati tali yang sedang berputar. Aktivitas olahraga ini tidak membutuhkan tempat yang luas namun bebas dari benda yang berserakan.

Anda dapat memanfaatkan ruang tamu untuk melakukannya. Carport juga merupakan tempat yang tepat, agar anak dapat dengan leluasa berlompatan dengan tali yang sedang bergerak.

Perhatikanlah gaya melompat agar jangan sampai terjatuh. Anda juga harus memastikan bahwa lantai yang digunakan bebas air untuk menghindari cedera karena terpeleset.Gunakan panjang tali yang sesuai dengan kebutuhan anak. Iringi dengan musik, agar kegiatan ini lebih ceria.

Olahraga dirumah untuk anak dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang sederhana. Tidak perlu terlalu ideal, karena memang nyatanya, ruangan di dalam rumah tidak memadai. Pilihlah