4 Jenis Makanan Anjing yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Jenis Makanan Anjing yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Saat ini, berbagai jenis makanan anjing sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran. Makanan anjing tersebut sudah diformulasikan khusus untuk kesehatan anjing, sehingga di dalamnya sudah pasti mengandung nutrisi yang baik untuk anjing.

Namun pernahkah kamu berpikir bahwa anjing akan merasa bosan apabila diberi makanan yang sama setiap harinya? Karena itulah, kamu perlu sesekali membuat menu makan baru untuk diberikan pada anjing agar mereka tidak bosan.

Makanan-makanan tersebut bisa kamu buat sendiri menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit ditemukan, dan pastinya tetap memperhatikan kandungan dari makanan itu sendiri ya.

Jenis Makanan Anjing Kreasi Sendiri

Berikut beberapa jenis makanan anjing hasil buatan sendiri yang bisa kamu jadikan selingan atau bahkan menu sehari-hari untuk anjingmu.

Jeroan

Tahukah kamu bahwa jeroan adalah komponen penting yang bagus untuk diberikan pada anjing? Ya, jeroan seperti otak, babat, juga hati ternyata bermanfaat untuk kesehatan anjing, khususnya untuk meningkatkan kekuatan serta membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.

Tak hanya itu, jenis makanan anjing ini juga mampu membantu memlihara daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga anjing bisa terlindung dari gangguan kesehatan.

Makanan Fermentasi

Tidak hanya untuk manusia, makanan fermentasi ternyata juga bagus untuk kesehatan anjing. Makanan fermentasi merupakan sumber bakteri baik yang bagus untuk membantu detoksifikasi usus.

Makanan fermentasi seperti yogurt, kaldu ikan fermentasi, kombucha, kecap ikan fermentasi, kefir, serta sayuran hasil fermentasi biasanya mengandung K2, Vitamin C, vitamin B, kolin, serta asetilkolin yang baik untuk membantu melancarkan proses pencernaan juga mendukung fungsi kekebalan.

Jamur

Tidak hanya ikan atau daging, jamur juga bisa menjadi menu makanan yang baik untuk anjing. Jamur mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, beta glucan, prebiotic, antioksidan, flavonoid, serta enzim yang baik untuk berlangsungnya proses pencernaan.

Namun perlu kamu ingat, kamu tidak boleh memberikan jamur liar secara sembarangan pada anjing karena kemungkinan jamur tersebut beracun sehingga akan mengganggu kesehatan anjing.

Kaldu Tulang

Kita semua pastinya tahu bahwa tulang adalah makanan favorit anjing. Nah, daripada memberikan tulang secara langsung pada anjing, bagaimana jika kamu mengolahnya terlebih dahulu sehingga menjadi kaldu tulang.

Cara membuat jenis makanan anjing yang satu ini juga cukup mudah, kamu hanya tinggal merebus tulang ayam atau sapi selama beberapa jam sampai kuahnya kental dan keruh.

Kaldu tulang yang diberikan pada anjing dipercaya mampu membantu detoksifikasi hati, membantu proses pencernaan, mengurangi peradangan, memperkuat otot, tulang, dan persendian serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah itu dia 4 jenis makanan anjing yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Selain keempat itu, sebetulnya masih banyak yang lain juga, seperti telur, susu kambing mentah, juga ikan.