Cara Buat Cappuccino Agar Rasanya Lebih Nikmat Ala Coffee Shop

Cara Buat Cappuccino Agar Rasanya Lebih Nikmat Ala Coffee Shop

Cappuccio merupakan salah satu minuman favorit banyak orang yang selalu menjadi menu andalan di setiap kafe. Cappuccino khas dengan susu dan busa susu yang menambahkan rasa manis pada kopi espresso sehingga cocok untuk mereka yang tidak terlalu menyukai kopi yang terlalu pahit. Sebenarnya, cara buat cappuccino tidak mudah namun tidak sulit. Anda bisa belajar mencobanya hingga bisa membuat secangkir cappuccino yang nikmat.

Tahap Persiapan Pembuatan Cappuccino

Pada titik ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mengumpulkan semua bahan untuk membuat cappuccino Anda. Jika Anda tidak memiliki espresso bubuk, Anda perlu menggiling biji espresso secukupnya untuk menghasilkan sekitar 15,6 gram kopi. Setelah membuat espresso Anda, lanjutkan dan tuangkan sekitar 34 ons susu ke dalam teko susu Anda.

Membuat Espresso Untuk Cappuccino

Setelah siap, Anda bisa mulai membuat espresso. Tuangkan 16,5 gram bubuk espresso Anda langsung ke filter, lalu masukkan ke dalam mesin espresso Anda untuk membuat dua espresso. Untuk menyederhanakan proses pembuatan bir, lanjutkan dan seduh espresso Anda langsung ke dalam cappuccino 170 gram.

Membuat Steamed Milk

Setelah Anda selesai membuat espresso, Anda bisa mulai membuat steamed milk. Bagian terpenting dari pembuatan steamed milk yaitu tekniknya. Saat membuat susu dengan uap, suhu akan mencapai sekitar 71 derajat Celcius dan Anda perlu memindahkan teko dengan cepat dalam gerakan vertikal agar uap panas benar-benar memanaskan susu.

elain itu, karena cappuccino membutuhkan busa yang cukup banyak, Anda harus mendekatkan ujung tongkat uap ke permukaan susu untuk membuat lapisan busa yang bagus di atas cappuccino. Berhati-hatilah saat melakukan ini karena panas di permukaan akan menyebabkan volume susu dalam botol meningkat dengan cepat. Ingatlah bahwa Anda masih perlu membuat steamed milk untuk menambahkannya ke minuman Anda agar susu Anda tidak hanya berbusa.

Tips Menuang Susu Untuk Cappuccino

Setelah espresso Anda siap dan susu dikukus, Anda bisa menuangkan keduanya ke dalam satu cangkir. Saat menuangkan susu, pegang tempat susu sekitar 8 cm di atas cangkir cappuccino dan tuangkan dengan gerakan melingkar vertikal.

Aliran susu akan membantu memanaskan dan mencampur susu dengan espresso. Lapisan terakhir dari busa susu akan dituangkan ke dalam cangkir dan akan menutupi cappucino dengan busa yang lembut dan halus sehingga memberikan rasa yang nikmat.

Jika seluruh proses cara buat cappuccino yang disebutkan di atas sulit dan memakan waktu, tidak ada salahnya mencoba Cappuccino khas Italia dengan NESCAFÉ Dolce Gusto. Secangkir espresso yang kuat berpadu dengan manisnya busa susu lembut di kapsul pintar Cappuccino. Anda cukup memasukkan dua kapsul kopi dan susu ke dalam mesin NESCAFÉ Dolce Gusto, tunggu sebentar dan nikmati cappuccino Anda di rumah.