Siapa Sajakah Rasul yang Mendapat Gelar Ulul Azmi?

default featured image

5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya!

Pada dasarnya, Ulul Azmi merupakan gelar kehormatan yang disematkan kepada beberapa orang Rasul. Istilah Ulul Azmi itu sendiri berarti “orang-orang besar“. Maksudnya bukan orang yang bertubuh besar, melainkan orang yang memiliki pengaruh besar bagi banyak orang.

Dari 25 nama Rasul yang kita ketahui, ternyata hanya ada 5 Rasul saja yang mendapatkan gelar Ulul Azmi. Siapa sajakah mereka?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kelima sosok Rasul Ulul Azmi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Nabi Muhammad SAW

Sebagai umatnya tentu kita sudah sangat mengenal betul dengan sosok Nabi Muhammad SAW meski belum pernah berjumpa. Bahkan, nama Nabi Muhammad SAW juga sangat populer di kalangan non Muslim.

Namun, masih banyak dari kita yang beranggapan bahwa mukjizat Nabi Muhammad SAW itu hanya berupa Al Quran saja. Padahal, Nabi Muhammad SAW juga memiliki mukjizat lainnya seperti pernah membelah bulan. Adapun mengenai mukjizat lainnya dari Nabi Muhammad SAW, yakni ketika beliau melakukan perjalanan Isra Miraj.

  1. Nabi Isa AS

Ciri-ciri kenabian Nabi Isa AS sudah terlihat sejak dilahirkan. Bagaimana tidak? Nabi Isa AS yang baru saja lahir ke dunia sudah bisa langsung berbicara. Beliau dengan lancarnya memperkenalkan dirinya kepada Bani Israil.

Selain itu, mukjizat Nabi Isa AS tersebut juga bertujuan untuk melindungi ibunya (Siti Maryam) dari fitnah di lingkungan sekitar. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Siti Maryam melahirkan Nabi Isa AS tanpa ayah. Sebagaimana yang disebutkan dalam QS. Maryam ayat 30 yang berbunyi:

Qaala innay ‘abduwlloh aataaniyal kitaaba wa ja’alaniiy nabiyya

Artinya : “Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.“

Selain bisa berbicara sejak bayi, mukjizat lainnya dari Nabi Isa AS adalah dapat menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang yang sudah mati.

  1. Nabi Musa AS

Salah satu kisah yang paling terkenal dari Nabi Musa AS, yakni ketika beliau membelah lautan dengan tongkatnya saat dikejar oleh pasukan Fira’un. Nabi Musa AS bersama umatnya berhasil meloloskan diri melalui jalan tengah ketika air lautnya terbelah menjadi dua bagian.

Tak hanya membelah lautan, Nabi Musa AS juga merubah tongkatnya menjadi ular besar ketika beradu ilmu dengan para penyihir utusan Fir’aun. Masih belum habis, mukjizat lain dari Nabi Musa AS yakni dapat mengangkat bukit Thursina dihadapan umatnya yakni Bani Israil.

Bahkan, Nabi Musa AS juga dapat menurunkan hidangan dari dari surga kepada umatnya atas izin Allah SWT. Meski berbagai mukjizat Nabi Musa AS tampak terlihat jelas didepan mata, namun Bani Israil masih tetap saja meragukannya.

  1. Nabi Ibrahim AS

Di era Nabi Ibrahim AS ada seorang raja yang memimpin Bani Israel bernama Namrud. Namun, raja Namrud menolak keras ajaran Tauhid yang dibawah oleh Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim AS diikat dengan tali dan kayu kemudian dibakar. Atas izin Allah SWT, api tersebut menjadi dingin sehingga tidak sampai membakar Nabi Ibrahim AS.

  1. Nabi Nuh AS

Nama Rasul berikutnya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi, yakni Nabi Nuh AS. Beliau diberi mukjizat oleh Allah SWT agar bisa membuat kapal perahu yang berukuran sangat besar dalam waktu singkat, agar bisa menyelamatkan dirinya, kaumnya yang beriman, serta hewan ternak dari terjangan banjir besar.