Tips Mengolah Resep MPASI 6 Bulan Pertama

Tips Mengolah Resep MPASI 6 Bulan Pertama

Karena nutrisi yang dibutuhkan anak-anak dan orang dewasa berbeda, ibu harus mendapat perhatian tambahan ketika mengolah resep MPASI 6 bulan pertama. Pencernaan kecil anak Anda cenderung lebih sensitif dan belum sempurna daripada orang dewasa. Akibatnya, ketika ibu menyiapkan menu untuk si kecil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pemilihan Bahan MPASI

Anda disarankan untuk menggunakan bahan-bahan yang dibeli setidaknya selama satu hingga dua hari untuk membuat menu makanan pendamping untuk bayi usia 6 bulan. Untuk membuat MPASI usia 6 bulan, sebaiknya Anda menghindari pembuatan makanan dari bahan tinggi nitrat, seperti bit.

Bayi berusia 6-12 bulan tidak boleh diberi terlalu banyak garam dan gula serta tidak ada madu sama sekali. Ibu harus tahu bahwa ginjal bayi mereka belum siap untuk mentolerir garam dan gula dalam jumlah besar, jadi asupan bahan tersebut harus dibatasi pada awalnya. Ibu mulai dapat memberikan madu kepada bayinya yang telah berusia satu tahun karena sistem pencernaan bayi yang sudah lebih baik.

Perhatikan Cara Pengolahan Bahan Makanan

Mengolah resep MPASI 6 bulan pertama tidak boleh sembarangan. Semua alat dan bahan yang diperlukan untuk menyiapkan menu makanan mulai dari ia lahir hingga menerima MPASI semuanya harus dipastikan bersih dan steril baik itu botol susu, sendok, piring, mangkuk, dll. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum memegang bahan makanan dan makanan siap makan.

Secara khusus, simpan daging mentah, ayam, dan ikan di lemari es secara terpisah. Zat tersebut dapat mencemari bahan lain. Juga, jangan menyimpan makanan bayi yang telah jadi pada suhu kamar lebih dari 2 jam. Hal ini dapat menyebabkan meningkatknya jumlah mikroorganisme di dalamnya.

Akan lebih baik jika ibu mengolah menu makanan pendamping ASI seperti dikukus, direbus atau dipanggang, untuk menjaga nutrisinya. Para ibu dapat membuat puree buah atau sayuran buatan sendiri dan kemudian mencampurnya dengan CERELAC, yang memberi anak-anak pilihan rasa yang mereka sukai.

Sedangkan untuk porsi makan si kecil, dapat dimulai dengan memberikan 1 sendok teh dan secara bertahap meningkat menjadi 2 hingga 3 sendok makan dengan 4 kali pemberian tergantung pada kemampuan atau kemauan bayi. Jadi jika si kecil tidak ingin makan dan sudah kenyang, jangan dipaksa menghabiskan makanannya.

Dalam mengolah resep MPASI 6 bulan pertama, bayi membutuhkan zat besi yang cukup untuk mengoptimalkan kecerdasan, perkembangan perilaku, dan kecerdasan motoriknya. Pada usia 6 sampai 12 bulan, mereka membutuhkan 11 mg zat besi per hari, yang setara dengan 4 ikat bayam. Oleh karena itu, ibu perlu mengatur asupan zat besinya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan bayinya.